: 1113

Apa Makanan Khas Kota Lamongan?

: 1114

Lamonganyuknyantri.com. Kalau bicara soal Lamongan, mestinya tak hanya soal keindahan kotanya saja yang unik dan estetik, tetapi juga makanannya yang khas. Ada banyak sekali makanan khas Lamongan, seperti soto, sego boran, dan pecel Lamongan. Nah, apakah kalian tahu bagaimana makanan khas Lamongan itu mendominasi pasar makanan di seantereo Negeri. Simak artikel berikut agar kalian tahu!

Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam Lamongan terkenal dengan kuahnya yang enak dan menyegarkan. Anda bisa mempraktikkan menu ini di rumah untuk keluarga Anda. Kuah kuning ini tidak hanya enak, tetapi dipadu dengan nasi panas dan Koya dari krupuk udang menawarkan kenikmatan tiada tara.

Keistimewaan lain dari menu ini adalah aroma dan warna kuahnya. Rahasianya terungkap dalam kunyit panggang. Cuci kunyit, panggang di atas atin masak hingga kulitnya berubah warna, kupas kunyit dan bersihkan dengan bumbu lainnya. Kunyit gosong ternyata memberikan aroma khas pada sup dan juga warna kuning cerah.

Resep Membuat Soto Lamongan

1/2 ekor Ayam, potong2, 2 liter Air, 2 cm Jahe, geprek, 2 lembar Daun salam, 5 lembar Daun jeruk, 2 batang Serai, geprek, 4 cm Laos, geprek, Secukupnya Garam, Secukupnya Kaldu ayam bubuk

Bumbu halus : 8 siung Bawang merah, 5 siung Bawang putih, 5 cm Kunyit, 2 butir Kemiri, 1/2 sdt Merica butiran

Pelengkap : Secukupnya Soun, seduh air panas, tiriskan, Secukupnya Toge, seduh air panas, tiriskan, Secukupnya Perkedel, Secukupnya Telur rebus, Secukupnya Sambal, Secukupnya Daun bawang sledri, iris halus, Secukupnya Bawang goreng, Secukupnya Bubuk koya.

 

Pecel Lele Lamongan

Lamongan tidak hanya terkenal dengan kuliner soto ayamnya saja. Namun, di bagian pulau Jawa yang terbentang di Laut Utara ini juga terdapat makanan yang tidak begitu enak dan nikmat, yaitu ikan lele. Menu yang menyajikan ikan lele goreng dengan sambal dan taburan daun kemangi segar ini digemari banyak kalangan.

Tahukah anda bahwa lele memiliki sejarah panjang dibalik namanya yang terkenal dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Lamongan di kabupaten Sekaran dan Maduran?

Asal muasal pecel lele khas lamongan

 Pecel lele ini berasal dari sekelompok orang dari daerah Sekaran dan Maduran yang hijrah ke Jakarta pada tahun 1980-an. Di sana mereka melihat banyak betawi yang menjual pencak lele dengan kencuri kecil di dalamnya. Makanan ini tidak cocok untuk warga Jawa timur.

 

Nasi Boran Lamongan

Jika Anda berkunjung ke Lamongan, jangan lupa untuk mencoba Soto Lamongan. Lamongan tidak hanya terkenal dengan sotonya, tapi juga kuliner lainnya. Salah satunya adalah Sego Boran Lamongan atau Nasi Boranan. Tentunya kuliner khas daerah ini selalu diminati di jawa daerah pesisir Pantai Utara setiap usai libur lebaran.

Boranan berasal dari Tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Biasanya tempat ini diangkut saat dipakai dengan selendang. Nasi boranan disajikan dengan daun pincuk. Lauk andalannya adalah rempek dan urap – urap. Suplemen tambahan juga tersedia. Nah buat kalian yang Liburan ke Kota Lamongan wajib mengunjungi Sego Boranan yang enak makanan khas Lamongan ini.

Lokasi Jualan Nasi Boran

Kawasan Alun-alun Kota Lamongan, Tempat pertama untuk menemukan Nasi Boranan yang paling mudah tidak lain adalah kawasan Alun – Alun Kota Lamongan. Jika Anda berkunjung ke Alun-alun Kota Lamongan, jangan lupa sempatkan untuk mencicipi makanan khas Lamongan ini. Anda jangan khawatir. Hal ini dikarenakan pedagang Nasi Boranan di Alun – Alun Kota Lamongan buka 24 Jam di sekitar area Lamongan kota.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena banyak penjual Segoborane di sekitar Alun – Alun Lamongan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi antara 8.000 hingga 15.000. Meskipun murah, Anda tidak akan pernah ketinggalan.

Ada juga banyak lauk untuk dipilih. Dimulai dengan ayam bakar, ceker yang lezat, telur, udang, tahu, sate dan lauk pauk khasnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan lauk pauk empok, gorengan yang sekilas mirip roti jagung. Rasanya tentu saja sangat gurih dan sedikit asam.

Dari Sego Boranan, Urap sangat segar di sekitar Alun-alun Kota Lamongan. Belum lagi bumbu kacangnya yang asin dan sedikit pedas sangat nikmat di lidah.

Sekitar Lamongan Plaza. Nasi Boran yang sering di kunjungi oleh wisatawan yaitu di depan Plaza kota Lamongan, karena lokasi ini sangat strategis jalannya sangat ramai dan sebagai jalan utama kota lamongan menuju Gresik-Tuban-Bojonegoro.

Sekitar jalan jendral Sudirman. Mencari Nasi boran enak di Lamongan, Jalan Jendral Sudirman adalah tempat terbaik untuk dikunjungi. Ya, sebenarnya di jalan ini banyak yang menjual sego boran. Anda dapat dengan mudah menemukan pedagang kaki lima dan restoran yang menjual sego boran. Benar? Jangan tanya lagi, pasti enak dan nikmat. Pilihan lauk pauknya juga sangat luas, mulai dari daging ayam hingga produk hewani lainnya. Belum lagi rempeknya yang enak dan dipadukan dengan Bumbu Sambal yang mantap. Urap – urapnya juga sangat enak dan segar. sarapan yang tepat untuk Anda di Lamongan.

Sepanjang jalan Basuki Rahmat Kota Lamongan. Tempat berburu Sego boranan selanjutnya adalah kawasan Jalan Basuki Rahmat Lamongan. Sepanjang jalan Basuki ini terletak di Kota Lamongan tengah baratnya alun-alun Kota lamongan.

Sekitar jalan made kota lamongan, di made juga banyak yang jualan nasi boran selain tempatnya yang ramai, di sekitar jl.made ini buka 24jam dan jalan ini juga sebagai alternatif menuju ke kecamatan Sukodadi, Sugio, Mantup.

Sekitar Stadion Surajaya lamongan. Sangat sahdu jika setelah nonton bola klub kesayangan ditemani makanan khas yang begitu lezat, nasi boran ini hanya dijual daerah kota lamongan saja karena cita rasanya begitu bikin penasaran selain warga lamongan.

Festival Nasi Boran

Selama ini Kota lamongan hanya dikenal dengan sotonya saja. Hal tersebut mendorong pemerintah Lamongan untuk memperkenalkan kuliner khas lainnya ke Lamongan. Salah satunya adalah Festival Sego Boran yang diadakan setahun sekali. Nah, selama festival ini Anda akan menemukan berbagai penjual Sego Boranan Favorit anda. Acara ini diadakan pada momen-momen tertentu seperti waktu Ramadhan, Event UMKM, Dst.

Resep Membuat Bumbu Nasi Boran Khas Kota Lamongan.

  • 1/2 kgayam,potong sesuai selera
  • 1/4 kgudang,siangi
  • 1 ekorikan bandeng,potong sesuai selera
  • 2 buahtahu,potong kotak besar
  • 1/2 papantempe,potong kotak besar
  • Bumbu halus :
  • 10 buahcabe merah besar,rebus
  • 20 buahcabe kecil,rebus
  • 10 buahbawang merah,goreng
  • 7 buahbawang putih,goreng
  • 1 1/2 sdtgaram
  • 1 sdtgula pasir
  • Bumbu pelengkap :
  • 3 lembardaun jeruk purut
  • 1 ruaslengkuas geprek
  • secukupnyaminyak goreng
  • secukupnyaair
  • rempeyek kacang
  • secukupnyadaun bawang
  • 1/4 btr

kelapa parut,sangrai

 

 

Tahu campur Lamongan

Tahu campur khas Lamongan ini memiliki rasa yang sangat unik. Bumbu petis yang dipadukan dengan kaldu sapi yang sangat enak membuat hidangan ini populer di kalangan penduduk lokal dan pengunjung.

Jika Anda jauh dari Lamongan dan ingin menyantap hidangan lezat ini, Anda bisa membuatnya sendiri. Bahannya sederhana dan juga mudah disiapkan. Cara penyajian Tahu Campur Lamongan yang pertama adalah dengan mencampurkan petis dengan sedikit kuah tahu campur di atas piring. Kemudian irisan tahu goreng, irisan kue singkong, mie kuning, kacang panjang matang, selada keriting cincang, potongan daging sapi (bisa dada sapi, tulang sapi muda, lemak babi atau sapi). Bilas dengan kaldu. Terakhir taruh kerupuk di atasnya. Jika suka pedas, bisa ditambahkan saus sambal. Bahkan, Anda juga bisa mencampurkan sambal saat pertama kali mencampurkan sambal petis dan tahu. Tahu Campur Lamongan disajikan panas.

Kuahnya enak karena terdiri dari beberapa bumbu murni yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, ketumbar, garam dan merica. Pertama, daging direbus hingga matang, lalu ditambahkan bumbu halus. Sambal tahu campur dengan irisan daun bawang.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *