: 381
Berita  

Kenaikan Biaya Umroh Tahun 2023

: 382

Kenaikan Biaya Umroh Tahun 2023

Angka kenaikan biaya umroh tahun 2023 menjadi perbincangan yang hangat di kalangan warga, terutama bagi para calon jemaah yang akan melakukan ibadah umroh pada tahun tersebut. Berdasarkan info yang beredar di kalangan warga, biro-biro travel sekarang telah menaikkan harga paket umroh yang ditawarkan. Hal ini didasarkan pada alasan bahwa biro-biro travel harus menyesuaikan biaya operasional dengan kenaikan harga transpotasi dan akomodasi yang terjadi saat ini. Warga yang akan melakukan ibadah umroh pada tahun 2023 tentu saja harus mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan, terutama jika mereka memilih untuk mencicil pembayaran biaya umroh melalui agen perjalanan atau lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pembiayaan.

 

Harga Paket Umroh 9 Hari (2019-2020)

 

Harga Paket Umroh 9 hari (2022-2023)
Rp 22 juta – Rp 24 Juta Rp 32 juta – Rp 38 juta
·       Harga visa 100 dolar AS

·       Harga tiket pesawat 10-13 juta

·       Akomodasi hotel bintang 3

·       Visa naik 15 persen menjadi 115 dolar AS

·       Harga tiket pesawat 13-17 juta

·       Harga akomodasi hotel naik 300 persen

·       Akomodasi hotel bintang 3

 

Waktu Yang Tepat Untuk Ibadah Umroh?

Untuk menentukan bulan terbaik untuk melakukan umroh, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti cuaca, jumlah jemaah, harga tiket, dan ketersediaan tempat penginapan. Berikut adalah beberapa bulan yang mungkin dapat dipertimbangkan:

  1. Januari-Februari: Bulan ini merupakan musim dingin di Tanah Suci, sehingga cuaca relatif lebih sejuk daripada musim panas. Namun, jumlah jemaah umroh biasanya lebih banyak pada bulan-bulan ini, sehingga harga tiket dan tempat penginapan mungkin lebih mahal.
  2. Mei-Juni: Bulan-bulan ini merupakan musim semi di Tanah Suci, sehingga cuaca cukup nyaman. Jumlah jemaah umroh biasanya lebih sedikit daripada pada musim dingin, sehingga harga tiket dan tempat penginapan mungkin lebih terjangkau.
  3. September-Oktober: Musim gugur di Tanah Suci biasanya cukup nyaman, namun cuaca mungkin sedikit lebih panas daripada pada musim semi. Jumlah jemaah umroh biasanya sedang pada bulan-bulan ini, sehingga harga tiket dan tempat penginapan mungkin tidak terlalu mahal.
  4. November-Desember: Bulan-bulan ini merupakan musim gugur di Tanah Suci, sehingga cuaca cukup nyaman. Namun, jumlah jemaah umroh biasanya lebih banyak pada bulan-bulan ini, sehingga harga tiket dan tempat penginapan mungkin lebih mahal.

Saran saya, pertimbangkan faktor-faktor tersebut dan lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan bulan terbaik untuk melakukan umroh.

Syarat Umroh Ada Berapa?

Untuk melakukan umroh, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Islam: Umroh hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang beragama Islam.
  2. Berusia minimal 12 tahun: Anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak diizinkan untuk melakukan umroh, kecuali jika mereka dibawah pengawasan orang tua atau wali yang bertanggung jawab.
  3. Sehat jasmani dan rohani: Setiap jemaah umroh harus memiliki kondisi fisik yang cukup sehat untuk menjalani ibadah umroh, serta harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh pemerintah.
  4. Memiliki dokumen perjalanan yang lengkap: Setiap jemaah umroh harus memiliki paspor yang masih berlaku dan sudah tercetak visa umroh, serta memiliki dokumen lain yang diperlukan sesuai dengan kebijakan pemerintah.
  5. Memiliki dana yang cukup: Biaya umroh termasuk biaya tiket pesawat, akomodasi, makanan, dan biaya lainnya yang diperlukan selama berada di Tanah Suci. Jemaah harus memastikan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk menutup semua biaya tersebut.

Berapa kali boleh melakukan ibadah Umroh?

Tidak ada batasan jumlah kali seseorang boleh melakukan ibadah umroh, asalkan ia memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan dan memiliki dana yang cukup. Umroh merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Namun, seseorang boleh melakukan umroh lebih dari satu kali jika ia merasa memiliki kemampuan dan keinginan untuk melakukannya lagi.

Apa Umroh bisa di cicil?

Ya, umumnya seseorang bisa mencicil pembayaran biaya umroh melalui agen perjalanan umroh atau lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pembiayaan umroh. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencicil pembayaran biaya umroh, antara lain:

  1. Persyaratan yang ditetapkan oleh agen perjalanan atau lembaga keuangan terkait. Biasanya, agen perjalanan atau lembaga keuangan akan menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon jemaah sebelum dapat mencicil pembayaran biaya umroh, seperti minimal usia, agunan, dan lain-lain.
  2. Biaya tambahan yang dikenakan oleh agen perjalanan atau lembaga keuangan. Biasanya, agen perjalanan atau lembaga keuangan akan mengenakan biaya tambahan seperti biaya administrasi atau bunga sebagai imbalan atas fasilitas pembiayaan yang diberikan.
  3. Jadwal cicilan yang harus dipenuhi. Agen perjalanan atau lembaga keuangan akan menetapkan jadwal cicilan yang harus dipenuhi oleh calon jemaah, sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Saran saya, sebelum memutuskan untuk mencicil pembayaran biaya umroh, pastikan untuk memahami persyaratan, biaya tambahan, dan jadwal cicilan yang ditetapkan oleh agen perjalanan atau lembaga keuangan terkait, serta membandingkan dengan fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lainnya.

Berapa lama waktu perjalanan saat umroh?

Lama waktu perjalanan saat melakukan umroh tergantung dari negara asal jemaah dan rute penerbangan yang dipilih. Penerbangan dari Jakarta ke Tanah Suci biasanya memakan waktu sekitar 9-11 jam tergantung pada maskapai penerbangan yang dipilih. Namun, jika jemaah berangkat dari negara lain, maka lama waktu perjalanan dapat lebih lama lagi. Selain itu, lama waktu perjalanan juga tergantung pada jumlah hari yang dihabiskan di Tanah Suci untuk melakukan ibadah umroh. Biasanya, jemaah akan menghabiskan sekitar 10-15 hari di Tanah Suci untuk melakukan ibadah umroh, termasuk perjalanan dari dan ke bandara.

Berapa anggaran untuk biaya umroh?

Anggaran biaya umroh bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis paket umroh yang dipilih, maskapai penerbangan yang digunakan, dan tempat penginapan yang dipilih. Biaya umroh biasanya terdiri dari biaya tiket pesawat, akomodasi, makanan, dan biaya lainnya yang diperlukan selama berada di Tanah Suci. Beberapa agen perjalanan umroh menawarkan paket umroh dengan harga mulai dari Rp 30 juta hingga Rp 70 juta tergantung pada fasilitas yang disediakan. Namun, Anda juga bisa memilih untuk membeli tiket pesawat dan menyewa tempat penginapan sendiri sesuai kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga tiket pesawat dan tempat penginapan yang tersedia di Tanah Suci.

Biaya Umroh Termurah

tenang bagi saudara kami yang mau menjalankan ibadah umroh, kami mempunyai mitra biro umroh terbaik dan tepercaya di PT. Permata Nur Hijaz untuk harga mulai cuma 31.5 12Hari bisa langusung cek di PERMATA NUR HIJAZ.

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *