Kisah Syekh Umar Sumbawa (Mbah Sumbo)

Biografi Syekh Umar Sumbawa (Mbah Sumbo)
Biografi Syekh Umar Sumbawa (Mbah Sumbo)
: 1211

Syekh Umar Sumbawa adalah seorang pendakwah besar dan saudagar asal Sumbawa yang jazatnya ditemukan para nelayan tanpa kepala, lalu dimakamkan di tepi pantai. Sementara KH Hasbulla adalah ulama besar Kedung Cowek yang mengatakan kepada para warga bahwa jazat tersebut adalah jazat Syekh Umar Sumbawa.

Setiap peringatan Haul Akbar Mbah Sumbo dan KH Hasbulla, ribuan orang datang untuk menggelar pengajian. Pada masa pandemi pun, orang-orang tetap datang ke makam Mbah Sumbo dan KH Hasbulla. Hal tersebut telah menjadi budaya setiap tahun. Mereka mengambil berkah di makam Mbah Sumbo dan KH. Hasbulla. Biografi beliau masih menjadi topik yang perlu dikaji untuk dijadikan teladan bagi kita dan generasi masa depan. Meneruskan perjuangan dakwah beliau menyebarkan ajaran Islam di seluruh pelosok Nusantara.

Orang-orang dari dalam dan luar kota Surabaya pun bersama-sama menggelar dzikir dan pengajian di pelataran area makam. Sembari ditemani semilir angin pantai yang sejuk.

Pengurus makam sekaligus keturunan KH Hasbullah, Djaun Fahmil Ilmi atau yang akrab disapa Gus Fahmi menjelaskan bahwa Haul Mbah Sumbo digelar setiap bulan Safar tahun Hijriyah. Haul tersebut untuk menghormati Mbah Sumbo dan KH Hasbulla.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *