Oleh : Muhammad Ijlal Sasakki Junaidi
Modernisme Islam dapat didefinisikan sebagai reformasi tradisi Islam yang melekat dengan menekankan pentingnya Sunnah dan Al- Quran untuk kebutuhan masyarakat kontemporer, meliputi institusi modern dan teknologi. Modernisme Islam muncul pada abad ke-19 dari berbagai bagian dengan tujuan utama untuk mengembalikan dinamisme, fleksibilitas, dan potensi komunitas Muslim. Secara khusus, modernisme Islam muncul untuk melawan pengaruh barat. Kaum modernis Islam meminjam aspek-aspek barat tertentu untuk mencegah tergantikannya budaya Islam dengan budaya barat.
Misalnya, mereka menggunakan sains dan teknologi untuk merebut kembali warisan Islam karena sains Eropa berasal dari pembelajaran Islam klasik. Kaum modernis membedakan antara pengetahuan yang diperoleh (melalui akal) dan pengetahuan yang diwahyukan dengan memastikan bahwa keduanya tidak berbenturan. Terutama, gerakan modernis besar muncul di India, Indonesia, Iran, Pakistan, dan Mesir. Secara khusus, gerakan-gerakan ini berfokus pada isu-isu politik, hukum, pendidikan, kemasyarakatan, intelektual, spiritual, dan moral .
Modernisme Islam dimulai di Mesir dan India pada paruh kedua abad ke-19. Terutama, gerakan-gerakan ini ditandai dengan perkembangan intelektual yang luar biasa. Khususnya, kelompok-kelompok elit Muslim yang berpikiran sama secara kritis memeriksa konsepsi dan metode yurisprudensi konvensional dan, pada saat yang sama, merumuskan pendekatan-pendekatan baru terhadap teologi Islam dan tafsir Al-Qur’an
Secara khusus, pendekatan-pendekatan baru merupakan “pemberontakan” terhadap ortodoksi Islam dan mendukung pencerahan. Isu teologi utama yang muncul di antara pemikiran modernis berkisar pada validitas pengetahuan yang berasal dari sumber eksternal Islam dan kecukupan metodologis dari empat sumber utama fikih (Al-Quran,Hadis, ijma, Qiyas)
Kaum modernis memutuskan untuk menafsirkan kembali Quran dan Hadits dan mengubah Ijma dan Qiyas untuk merumuskan proyek reformis untuk menyelaraskan Islam dengan standar rasionalitas ilmiah dan teori sosial modern yang berlaku. Melalui kesan-kesan dari pencapaian Barat, mulai dari evolusi Darwinian, sosiologi Spencer, konsepsi Newton tentang alam semesta hingga gaya hidup barat
Kaum modernis berpendapat bahwa Islam sebagai agama global berada dalam posisi untuk menyesuaikan diri dengan kondisi dinamis zaman modern, dengan Muslim yang sempurna. masyarakat yang dicirikan oleh hukum dan penalaran . Dalam hal ini, kaum modernis menunjukkan Islam sebagai agama yang sesuai dengan alam dan agama deistik
Reformasi modernis bertujuan untuk menangani aspek-aspek yang berkaitan dengan hukum pembuktian, pendidikan modern, status perempuan dalam masyarakat, hak Muslim untuk memiliki pemikiran dan rasionalitas yang independen, reformasi konstitusi, sifat alam semesta, manusia dan Tuhan, dan, kebebasan individu (Rahman, 317).
Namun, fokus utama adalah pada isu-isu intelektual dan spiritual. Munculnya gerakan-gerakan modernisme Islam menandai dimulainya peradaban baru dan kuat dalam pikiran Muslim karena isu-isu intelektual yang telah bertahan selama bertahun-tahun di bawah dormansi dan stagnasi yang dipaksakan sendiri pada contoh ortodoksi konservatif. Terutama, kaum modernis mengutamakan masalah spiritual dan intelektual karena mereka percaya bahwa pikiran manusia adalah lokus kemajuan dan reformasi yang kritis.
Gerakan modernis di bawah Sir Sayyid Ahmad Khan, Muhammad Abdul, dan Rashid Ridha mempromosikan pendidikan dalam budaya Islam. Terutama, fokus mereka didasarkan pada pemahaman mereka bahwa pendidikan adalah dasar kebangkitan dunia modern
Sayyid Ahmad Khan (w. 1898), seorang modernis India, mencoba membujuk umat Islam untuk mengakomodasi ide-ide Barat. Sebagai seorang modernis, ajaran Ahmad Khan tentang Alquran, Tuhan, dan Nabi bertujuan untuk menunjukkan bahwa mereka sejalan dengan sains modern, dan khususnya, dalam pendidikan. Terutama, tujuan mendasar kaum modernis India di awal abad ke-20 adalah menemukan cara agar komunitas Muslim bisa makmur dalam rezim non-Muslim. Khususnya, proposal pendidikan Sir Sayyid Ahmad Khan gagal untuk lebih mementingkan sains dan teknologi daripada seni. Biasanya, dia tidak mengikuti pendidikan industri dan teknologi karena dia percaya bahwa India belum mendekati zaman mesin.
Reformasi Muhammad Abdul (w. 1905) bertujuan untuk membawa umat Islam lebih dekat ke warisan intelektual modern Eropa dan memberi mereka visi yang lebih luas tentang dunia di mana mereka tinggal sekarang daripada yang diberikan oleh studi abad pertengahan mereka (Siddiqi 180). Terutama, ajaran Muhammad Abduh tentang pendidikan, teologi, dan hukum menawarkan landasan intelektual keselarasan antara Islam dan akal melalui wahyu bahwa setiap pengetahuan rasional, termasuk teknologi dan sains modern, sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
Gerakan modernisme Islam lainnya dipimpin oleh Jamal al-Din al-Afghani (wafat 1897). Gerakannya didasarkan pada opini rendah yang dia pegang tentang penguasa Muslim karena pengaruh yang dirasakan dari imperialisme barat. Dengan demikian, misi Jamal al-Din al-Afghani adalah mencoba mengubah rezim yang ada di dunia Muslim dengan memasang pemimpin baru yang dapat melawan pengaruh dan dominasi asing, dan pemimpin yang dapat mempromosikan kerjasama yang efektif di antara berbagai unit nasional yang memecah belah umat Islam.
Upayanya tidak dimaksudkan untuk mengubah sistem pemerintahan secara langsung tetapi individu yang mengendalikan urusan negara-negara Muslim.Dia menginginkan berbagai penguasa dan bangsa Muslim untuk mempertahankan identitas mereka yang terpisah, bekerja sama satu sama lain, dan mempertahankan dunia Muslim dari kendali, pengaruh, dan dominasi asing (Siddiqi 182). Di bawah ajarannya, Jamal al-Din al-Afghani percaya bahwa umat Islam memiliki mandat untuk mengelola kesejahteraan mereka daripada menganjurkan dominasi budaya barat.
Menurut “Modernisme”, modernisme Islam mengalami perkembangan dinamis di bawah disiplin Mesir Al-Afghanistan. Secara keseluruhan, gerakan Jamal al-Din al-Afghani hanya berhasil sedikit dalam mempromosikan persatuan di antara negara-negara Muslim dan mencegah pengaruh asing di antara negara-negara Muslim
Kaum modernis Islam secara signifikan mempengaruhi budaya Islam melalui kerangka Ijtihad. Khususnya, kaum modernis telah memperluas definisi Ijtihad untuk menyiratkan kritis, independen dan penalaran di semua domain utama pemikiran. Sebagaimana, pandangan kaum modernis terhadap ijtihad tidak hanya didasarkan pada hukum Islam saja, melainkan seluruh aspek pemikiran.
Dengan demikian, para pendukung modernisme Islam lebih memilih Ijtihad daripada Taqlid. Dalam hal ini, kaum modernis berjuang untuk melestarikan ajaran Nabi Muhammad dan semangat Al-Qur’an. Dalam banyak kasus, ketegangan yang berkaitan dengan perbedaan “aktualitas dan ideal”, perintah Tuhan dan perilaku manusia, “virtual dan kekuasaan”, dan, spiritual dan temporal” sangat menonjol.
Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa akal-lah yang memandu modernisme Islam. Khususnya, sejumlah besar modernis Muslim telah sepakat bahwa akal harus diizinkan memainkan peran pentingnya dalam hukum dan teologi.