: 1560

Pisang Krispy SMK Peradaban Dunia

: 1561

Pisang Krispy SMK Peradaban Dunia

Pisang ini diproduksi oleh Siswa/i SMK PERADABAN DUNIA Kelas 12. Pisang merupakan buah yang mampu tumbuh dimana mana baik di desa maupun kota tanpa musiman  dan mudah didapat di Indonesia sehingga produksinya melimpah bila digunakan bahan pangan alternatif yang  bergizi sebagai sumber vitamin, mineral dan karbohidrat. Pisang merupakan komoditas unggulan yang memiliki konstribusi besar terhadap produksi buah buahan nasional, yaitu sekitar 38% di antara buah-buahan lain.

Penggunaan pisang masih terbatas dalam proses pengolahannya, yaitu hanya digoreng, direbus, diolah menjadi keripik, dodol, dan sale. Untuk menambah nilai ekonomis serta memperluas pemanfaatan pisang sebagai bahan makanan lain, pisang raja dengan kematangan tiga seperempat dapat diolah menjadi tepung dan dimanfaatkan salah satunya sebagai bahan substitusi tepung terigu dalam pembuatan cookies. Pisang merupakan salah satu sumber serat pangan yang tidak mengandung lemak dan kolesterol, sehingga memiliki potensi untuk dijadikan bahan baku tepung. Pengolahan pisang sebagai tepung ini juga bertujuan untuk memperpanjang umur simpan tanpa mengurangi nilai gizi pisang.

 Tentang produk pisang

Pisang Krispy merupakan salah satu produk olahan dari pisang yang dibuat dari irisan buah pisang, digoreng dengan atau tanpa bahan tambahan pangan yang diizinkan.

 Khasiat dan Manfaat Pisang

-Sumber Karbohidrat dan Vitamin A.

-Buah pisang kaya akan vitamin dan serat.

-Pisang Perlancar Metabolisme. Tidak perlu obat.

-Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

-Melancarkan Aliran Oksigen ke Otak.

-Mengatasi Anemia.

-Menurunkan Berat Badan.

-Menyehatkan Tulang.

-Pisang sebagai “Mood Food”

Varian

-Cokelat Walaupun pahit cokelat ini tetap terasa enak ketika dikonsumsi dan memiliki manfaat yang luar biasa yaitu, baik untuk kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes dan lainnya.

-Tiramisu: Rasa tiramisu creamy-nya pas dan tidak terlalu manis, ada perpaduan rasa kopi.

-Taro: Terbuat dari tumbuhan talas yang berwarna ungu Manfaat rasa taro membantu mengontrol gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung, memiliki kandungan anti-kanker dan lainnya.

-Matcha: Memiliki kalori rendah dan bisa mempercepat metabolisme tubuh yang membantu menurunkan berat badan. Rasa matcha menggunakan daun teh hijau yang diseduh, sedangkan matcha adalah versi bubuk dari daun teh hijau.

Kesimpulan

Keripik pisang adalah makanan ringan dibuat dari irisan buah pisang dan digoreng, tujuan pengolahan pisang menjadi kripik pisang adalah untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan/memperpanjang kemanfaatan buah pisang. Pada dasarnya kripik pisang banyak peminatnya selain murah harganya, enak rasanya dan mengandung vitamin-vitamin yang bagus untuk tubuh. Usaha kripik pisang ini merupakan peluang usaha yang dapat dikembangkan dengan modal yang sedikit kita bisa mendapat keuntungan yang besar dan kami yakin usaha ini bisa berkembang dan maju.

SMK PERADABAN DUNIA JAYA JAYA JAYA🥳
Oleh : Ling-Ling Fitri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *